Profil Sekolah

Salam SUPER !

( Sekolah Unggul, Kompeten, dan Berkarakter )

Gambaran Umum

SMK Negeri 2 Kendal memiliki jumlah siswa 1613 dengan 7 Kompetensi Kejuruan dengan rombel berjumlah 46. Secara geografis letaknya strategis, akses mudah, dekat dengan jalan raya, berada di kawasan pantura. Berada lingkungan perumahan dan lingkungan perkantoran, sumber daya alam, sosial, dan budaya bagus, kondusif untuk proses pembelajaran dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten dan Provinsi, dekat dengan Kawasan industri (Kawasan Industri Kendal) SMK Negeri 2 Kendal juga sudah menjalin kerjasama dengan industri baik lokal maupun nasional, antara lain:

  • Astra Daihatsu Motor (ADM)
  • PT Informa Furnishing
  • PT AST
  • PT APF
  • PT Pola Dwia
  • PT Astra Honda Motor
  • Carfix, Nasmoco dll

Sumber Daya Manusia

Ditinjau dari tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan, SMK N 2 Kendal memiliki jumlah dan kualifikasi sebagai berikut:

  • Jumlah Guru PNS & P3K 80, GTT 18, dan PTT 20 tenaga outsourching 11, total SDM 129.
  • Semua guru berijazah S1 dan sebagaian berijazah S2. Sebagian besar guru adalah PNS dan sudah bersertifikasi, baik sertifikasi pendidik maupun sertifikasi keahlian dari Dunia Usaha/Dunia Industri,

Dengan di tetapkannya SMK Negeri 2 Kendal sebagai Pusat Keunggulan oleh Kemendikbud melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan pada sektor hubungan luar negeri, menjadi kebanggaan khususnya bagi warga SMK Negeri 2 Kendal. Program ini membawa semangat baru bagi warga sekolah untuk meningkatkan potensi sesuai kemampuan individu, baik sebagai pendidik atau tenaga pendidik yang harus terus di motivasi agar kreatif dan di upgrade kemampuannya secara perlahan, maupun peserta didik yang senantiasa harus diberikan penguatan baik softskill maupun hardskill agar semakin tangguh dalam menghadapi tantangan atau persaingan di masa yang akan datang.

Penguatan softskill dan hardskill  yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kendal belum  berdampak  sepenuhnya pada  peserta  didik  secara  keseluruhan.  Hal  ini  terlihat  dari  telusur tamatan Tahun 2021 (pasca 2 bulan kelulusan) yang Bekerja 35%, Melanjutkan 15%, dan Wirausaha 4%, belum BMW 46%.

Berdasarkan hasil analisis kondisi di atas, maka SMK Negeri 2 Kendal perlu membuat langkah strategis untuk meningkatkan keterserapan lulusan hingga mencapai 100% baik Bekerja- Melanjutkan maupun Wirausaha pada Tahun 2024.

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

1. Visi

Menjadi Sekolah yang Unggul, Berkarakter dan Kompeten pada Tahun 2024

2. Misi

  1. Menyelenggarakan tata kelola sekolah yang profesional, transparan dan akuntabel.
  2. Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan standar industri
  3. Membangun karakter peserta didik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
  4. Membina dan membekali peserta didik yang berjiwa kompetitif
  5. Memberikan pelayanan pendidikan yang sehat, ramah, menyenangkan dan anti perundungan.
  6. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis dan bermitra industri dengan menerapkan karakter budaya industri

3. Tujuan

  1. Manajemen sekolah yang dikelola secara profesional dan terstandar dengan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan secara konsisten.
  2. Mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah (SIM) berbasis data yang tersentral.
  3. Merevitalisasi infrastruktur sesuai dengan kebutuhan industri.
  4. Merevitalisasi peralatan praktik sesuai dengan standar industri.
  5. Mengembangkan siswa agar memiliki motivasi dan berprestasi dibidang akademik dan non akademik.
  6. Menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri dalam persaingan didunia kerja tingkat nasional maupun internasional, memiliki jiwa kewirausahaan, atau melanjutkan ke perguruan tinggi
  7. Membiasakan pengamalan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan
    Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  8. Mengembangkan karakter peserta didik yang berkebinekaan global, mandiri,
    gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.
  9. Menerapkan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)
  10. Menyiapkan tenaga kerja yang siap kerja, kuat fisik, kuat mental dan siap bersaing
  11. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis proyek riil melalui teaching factory
  12. Menjalin kerjasama dengan DUDIKA dalam pengelolaan kelas industri
1613
Siswa Terdaftar
7
Kompetensi Keahlian
98
Pendidik
1988
Tahun Berdiri

What Our Students Say