Sosialisasi SMK Negeri 2 Kendal sebagai SMK Pusat Keunggulan

Kegiatan Sosialisasi Program SMK PK kepada warga sekolah

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 setelah surat keputusan mentri Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi nomor : 17/M/2021 tentang program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah yang terdiri dari guru dan karyawan di lingkungan SMKN 2 Kendal dengan total peserta 145 orang yang dilaksanakan di ruang Aula SMKN 2 Kendal dengan tetap mematuhi protocol kesehatan.

Seluruh peserta mendapatkan informasi terkait konsep program SMK PK dan rencana tindak lanjut pengembangan SMKN 2 Kendal bidang non fisik. Selain itu peserta juga dimintai urun pendapat dan peran serta di setiap kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan. Kegiatan ini juga sebagai titik awal perubahan paradigma Pendidikan SMK dengan kurikulum yang baru untuk lebih mengembangkan keunggulan lulusan SMK untuk bekerja, wirausaha ataupun melanjutkan Pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Workshop Penyelarasan Kurikulum dengan PT Asia Pacific Fibers

Gambar 1. Workshop Penyelarasan kurikulum dengan PT APF
Gambar 2. Pelaksanaan Komitmen dengan PT APF
Gambar 3. Sesi diskusi workshop penyelarasan kurikulum
Gambar 3. Sesi diskusi workshop penyelarasan kurikulum
Gambar 4. Sesi diskusi workshop penyelarasan kurikulum
Gambar 4. Sesi diskusi workshop penyelarasan kurikulum

Pada tanggal 27-28 September 2021 telah dilaksanakan workshop penyelarasan kurikulum antara SMKN 2 Kendal dengan PT Asia Pacific Fibers khususnya bidang ketenagalistrikan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru ketenagalistrikan, tim manajemen, dan perwakilan jurusan lainnya. Pembawaan yang santai namun serius dalam kegiatan workshop ini dapat membawa peserta untuk aktif dan kontributif dalam kegiatan workshop ini sehingga beberapa tujuan yang diharapkan dari terlaksananya workshop penyelarasan kurikulum dapat tercapai.

Pada pelaksanaanya selama dua hari, didapat beberapa hasil seperti kurikulum ketenagalistrikan yang mendapat masukan, kesepakatan antara SMKN 2 Kendal dan PT APF dalam bidang link and match yang tertuang dalam MoU dan terjalinnya komunikasi yang baik. Sehingga kedepannya PT APF dapat menjadi salah satu dunia industry yang dapat berkolaborasi dengan SMKN 2 Kendal dalam lingkup 8+i agar dapat mencetak lulusan SMK yang terbaik di bidangnya.

 

 

 

WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM KERJA DAN REVISI PETA JALAN

SMK NEGERI 2 KENDAL

Gambar 1. Workshop penyusunan program kerja sekolah dan revisi peta jalan
Gambar 1. Workshop penyusunan program kerja sekolah dan revisi peta jalan
Gambar 2. Workshop penyusunan program kerja sekolah dan revisi peta jalan
Gambar 2. Workshop penyusunan program kerja sekolah dan revisi peta jalan

 

Pada tanggal 18 hingga 20 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan workshop penyusunan program kerja dan revisi peta jalan (road map) SMK Negeri 2 Kendal yang dilaksanakan di ruang Aula lantai 2. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh tim manajemen, perwakilan jurusan dan seluruh pokja yang bertanggungjawab pada lininya masing-masing. Selain itu, hadir pula pengawas Pembina SMKN 2 Kendal Drs. Inu Indarto M.Pd sebagai pengarah sekaligus ikut menyaksikan proses workshop berlangsung.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, direncanakan untuk dapat menghasilkan beberapa tujuan yakni tersusunnya program kerja SMKN 2 Kendal yang sudah menyesuaikan dengan program SMK PK dan tersusunnya peta jalan SMKN 2 Kendal untuk lima tahun kedepan dengan beberapa penyesuaian dari setiap pokja dan bidang di SMKN 2 Kendal. Adapun kegiatan ini sudah dipersiapkan oleh tim manajemen dan SPMI sejak beberapa bulan sebelumnya dengan mengumpulkan beberapa evaluasi program kerja tahunan sekolah, peta jalan SMKN 2 Kendal sebelumnya hingga kedalaman program SMK PK yang nantinya akan diterapkan menjadi program keberlanjutan di SMKN 2 Kendal.

Kegiatan ini juga diharapkan sebagai Langkah awal bagi SMKN 2 Kendal memiliki visi untuk dapat menjadi institusi pencetak tamatan yang memiliki kapasitas standar dengan permintaan industry untuk bekerja, siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan berani untuk berwirausaha dengan kemampuan yang dimiliki.

 

 

IHT KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS)

SMK NEGERI 2 KENDAL

Gambar 1. IHT Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) yang diikuti seuruh guru di  SMKN 2 Kendal
Gambar 1. IHT Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) yang diikuti seuruh guru di SMKN 2 Kendal
Gambar 2. Sesi materi dan diskusi kurikulum paradigma baru di SMKN 2 Kendal
Gambar 2. Sesi materi dan diskusi kurikulum paradigma baru di SMKN 2 Kendal

Pada tanggal 3 hingga 12 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan In House Training (IHT) Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) secara daring sebagai tindak lanjut penerapan kurikulum paradigma baru pada SMK yang ditunjuk menjadi SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). IHT KOS ini dilaksanakan dengan moda daring sinkron menggunakan platform google meet dan moda daring asinkron dengan menggunakan platform LMS Moodle yang dimiliki oleh SMKN 2 Kendal. Adapun kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMKN 2 Kendal dengan didampingi oleh pengawas Pembina, pendamping program SMK PK dari perguruan tinggi UNNES dan BBPPMPV sebagai pendamping kegiatan IHT.

Pada pelaksanaannya peserta juga dipandu oleh fasiitator yang merupakan guru di SMKN 2 Kendal yang sebelumnya sudah dilatih oleh mentor tingkat Nasional, sehingga pendekatan dalam penyampaian materi lebih mudah dan efektif. Adapun kegiatan ini dilaksanakan diluar jam kegiatan pembelajaran sehingga tidak mengganggu tugas dan kewajiban Bapak/Ibu guru. Terlihat keseriusan peserta dari keaktifan dan kehadiran 100% seluruh guru setiap harinya sehingga diharapkan kegiatan ini dapat mencapai tujuannya yaitu menerapkan kurikulum paradigma baru mulai pada kelas X semua jurusan.

Pada proses IHT ini juga diterapkan asesmen formatif dan sumatif untuk setiap peserta yang dimaksudkan untuk memantau tingkat keberhasilan IHT. Berkat Kerjasama yang baik antara fasilitator, pendamping dan peserta kegiatan ini pun dapat terselesaikan dengan hasil yang baik dibuktikan dengan nilai post test seluruh peserta yang meningkat. Semoga dengan diawali IHT KOS ini, kegiatan pembelajaran kurikulum paradigma baru di SMKN 2 Kendal dapat terlaksana dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.